Kisah Ikrimah Bin Abu Jahal Sang Pembenci Rasulullah SAW


    Ikrimah adalah salah satu musuh paling sengit Rasulullah sepanjang sejarah, dan Ikrimah bin Abi Jahal meminum permusuhan - selama periode yang panjang ini - dari ayahnya, musuh terbesar Islam, firaun bangsa ini, tetapi Ikrimah melanjutkan dan meningkat permusuhan sampai-sampai membuat Rasul menumpahkan darahnya, karena Rasul menumpahkan darah. Sekelompok musyrik, dan dia berkata: "Bunuh mereka bahkan jika mereka berpegang teguh pada tirai Ka'bah."

    Di antara mereka adalah Ikrimah bin Abi Jahal, dan dia termasuk orang-orang yang berperang di antara para hamba melawan Khalid bin Al-Walid, tetapi setelah kekalahannya dia melarikan diri dari Makkah Al-Mukarramah, dan mencoba mencapai Yaman dalam pelariannya. Dan dia benar-benar pergi ke laut untuk mengambil sebuah kapal dan membawanya ke Yaman. Ini adalah jalan yang panjang dalam kekafiran, dan darah diperlukan, dan jika Rasul menemukannya, dia akan membunuhnya.

    Istri Ikrimah adalah Umm Hakim binti Al-Harits bin Hisyam, dan dia adalah sepupunya, Maka wanita ini, setelah dia masuk Islam pada hari Penaklukan, pergi ke Gunung Al-Safa bersama orang-orang yang memeluk Islam dari orang-orang Mekah Safwan bin Umayyah percaya. Posisi Ikrima berbeda; Dia adalah penumpah darah, dan Ummu Hakim berkata kepada Nabi: Ikrimah melarikan diri darimu ke Yaman, dan dia takut kamu akan membunuhnya, jadi amankanlah dia. Rasul berkata dengan mudah dan mudah: "Dia aman."

    Dia tidak mengatakan kepadanya bahwa darah itu terbuang percuma, dan dia tidak menyebutkan kepadanya sejarah panjangnya, maka Ummu Hakim, istri yang setia, pergi mencari suaminya, dan pergi sampai dia tiba dalam perjalanan panjang ke Ikrimah bin Abi Jahal ketika mencoba menaiki kapal di pantai Laut Merah menuju Yaman, dan Ikrima berdebat dengan kapten kapal yang akan dia tumpangi; Karena kapten kapal adalah seorang Muslim, maka dia berkata kepadanya sebelum dia naik ke kapal: Bersikaplah tulus.
Ikrimah bin Abi Jahal berkata: Apa yang harus saya katakan?
Kapten berkata kepada Ikrimah: Katakanlah: Tidak ada Tuhan selain Tuhan.
Ikrimah berkata: Saya hanya lolos dari ini.

    Dan dia masih dalam dialog ini dengan kapten kapal, sebagai Ummu Hakim - semoga Allah meridhoi dia - datang pada saat ini, dan dia berkata: Sepupu, aku datang kepadamu dari orang-orang terbaik, yang paling benar. orang-orang, dan orang-orang terbaik, jangan binasa sendiri, saya telah mempercayakan Muhammad kepada Anda.
Dia berkata kepadanya: Anda melakukan ini?
Dia berkata ya.

    Dan Ikrimah bin Abi Jahal saat itu melihat seluruh dunia telah mempersempitnya, lalu kemana dia akan pergi? Dia ingin pergi sekarang ke Yaman, dan seluruh Yaman adalah Muslim, dan bagian-bagian bumi berkurang di sekelilingnya, dan semua orang sekarang masuk ke dalam aliansi dan agama Muhammad, jadi Ikrimah membuat keputusan cepat untuk kembali dengan dia tanpa banyak berpikir.
Akrma bin Abi kembali ke Mekah.
Sungguh sopan santun yang mulia dengan Utusan Tuhan!!

    Abu Jahal adalah firaun bangsa ini, namun Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk tidak mengutuk Abu Jahal, firaun bangsa ini, di depan putranya Ikrimah. Agar tidak melukai perasaan Ikrima, padahal Ikrima belum masuk Islam. Dan Ikrimah bin Abi Jahal memasuki Mekah, dan dari jauh Rasulullah melihatnya, dan lihatlah apa yang terjadi! Rasul melompat kepadanya, tanpa jubah padanya, bersukacita dalam dirinya, dan melihat rahasia Rasul, bagaimana mereka terungkap ketika dia melihat Ikrimah bin Abi Jahal kembali kepadanya dan datang kepadanya, ketika dia berada di pintu gerbang Islam, meskipun Ikrima adalah salah satu dari mereka yang mengembalikan Rasul sebelum itu, menolaknya dan mencegahnya! Namun demikian, Rasul menerimanya dengan penerimaan yang menggembirakan ini, dan Tuhan mengatakan yang sebenarnya: “Dan Kami tidak mengutus kamu kecuali sebagai rahmat bagi semesta alam.”
    
    Ikrimah duduk di depan Rasulullah, dan berkata: Wahai Muhammad, wanita ini mengatakan kepada saya bahwa Anda telah membuat saya aman. Utusan itu berkata: Anda telah mengatakan yang sebenarnya, jadi Anda aman.
Ikrimah berkata: Mengapa kamu shalat wahai Muhammad?
Ikrimah mulai bertanya kepada Rasulullah tentang Islam, dan dia berkata kepadanya: “Saya mengundang Anda untuk bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Tuhan, dan bahwa saya adalah utusan Allah, dan untuk mendirikan shalat, melakukan shalat, dan mempersiapkan diri. untuk itu, dan ambil semuanya.” Ikrimah berkata: Saya hanya menyerukan kebenaran, dan urusan yang baik dan indah.

    Hati berada di antara jari-jari Yang Maha Penyayang, Dia mengubahnya sesuka Dia. Pada saat-saat ini, Ikrimah bin Abi Jahal merasa bahwa semua yang dia sebutkan adalah benar, dan bahwa semua yang dia bicarakan sebelum itu di zaman Mekah, dan sesudahnya Mekah itu benar, dan itu benar, dan itu dari kata-kata kenabian dan wahyu, dan di sini Ikrimah bin berkata Abu Jahal: Demi Tuhan, Anda termasuk di antara kami yang menyerukan apa yang Anda serukan, dan Anda adalah orang yang paling jujur ​​dalam ucapan. dan yang paling bertakwa. Kemudian Ikrimah berkata: Saya bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Dalam sekejap, Ikrima pindah dari kubu kafir ke kubu beriman. Ini adalah perlakuan yang baik, dan kebaikan kepada orang-orang.

    Demikianlah Rasulullah menguasai hatinya pada saat-saat tertentu, dan lihatlah usahanya setelah itu dengan kaum Muslimin pada saat-saat ini.Ikrimah berkata kepada Rasulullah setelah dia memeluk Islam: Ya Rasulullah, ajari aku hal yang terbaik.
Rasul berkata: "Dia berkata: Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya."
Ikrimah berkata: Lalu apa?
Dia berkata: "Untuk mengatakan: Saya bersaksi kepada Allah, dan saya bersaksi kepada mereka yang hadir bahwa saya seorang Muslim, seorang imigran dan seorang Mujahid."
Ikrimah mengucapkan kata-kata ini, dan dia berkata, mengetahui bahwa Ikrimah masih baru dalam Islam, dan berusaha semaksimal mungkin untuk membawanya lebih dekat ke agama, maka Nabi berkata kepadanya: “Jangan minta saya hari ini untuk sesuatu yang saya akan saya berikan kepada siapa pun tetapi saya akan memberikannya kepada Anda.” Ikrimah bin Abi Jahal tidak meminta uang, sultan, atau kepemimpinan, tetapi Ikrimah meminta pengampunan, maka dia berkata:
Dia berkata: "Ya Allah, maafkan dia semua permusuhan, dan setiap jalan pergi ke posisi yang dia inginkan di jalan ini untuk memadamkan cahaya Anda, dan maafkan dia apa yang harus dipersembahkan di hadapanku, atau aku absen.
Ikrimah berkata: Saya puas, ya Rasulullah.

    Kemudian dia berkata - dan dia jujur ​​-: Saya tidak akan meninggalkan pengeluaran yang biasa saya keluarkan untuk menghalangi jalan Allah tetapi saya akan membelanjakan dua kali lipat di jalan Allah, juga tidak dalam pertempuran saya biasa berjuang dalam menghalangi jalan. dari Allah kecuali bahwa saya akan menggunakan kelemahannya di jalan Alla
Previous Post Next Post